Bumi Sriwijaya

Halloo! Eiits, postingan kali ini bukan tentang curhatan gue yah, tapi gue mau jelasin tentang "Provinsi Sumatera Selatan" alias "Bumi Sriwijaya"! Oh iya, postingan ini dibuat untuk mengikuti Blog Contest Wonderful Sriwijaya yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan!

* * *
Pertama, gue bakalan jelasin dulu nih tentang Provinsi Sumatera Selatan. Udah pada tau belum kenapa provinsi tersebut dikenal dengan sebutan Sriwijaya?, kalau belum, yuk gue kenalin. . .
Sumatera Selatan merupakan sebuah provinsi yang terletak di bagian selatan pulau Sumatera, Indonesia. Sejarahnya, pada abad ke 7 hingga abad ke 12 Masehi, wilayah Sumatera Selatan ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya. Ya, kerajaan Sriwijaya terkenal sebagai kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara. Akibatnya, wilayah Sumatera Selatan tersebut dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”.



Gimana? Udah pada tau kan asal usul Provinsi tersebut? Okeey, selanjutnya gue akan jelasin “kenapa kita harus mengunjungi Sumatera Selatan”, dan  “apa saja yang bisa kita lakukan disana”. Check it out!!

Menurut gue, ada tiga alasan kenapa kita harus mengunjungi Sumatera Selatan. Makanan khas, Seni  & Budaya, dan Objek Wisata. Nah seiring gue ngejelasin 3 hal diatas, kita juga akan mengetahui tentang apa saja yang bisa kita lakukan disana. Oke langsung aja yuk,

Yang pertama, Makanan Khas. Yap, setiap daerah pasti mempunyai makanan khas, tetapi Sumatera Selatan menawarkan hal berbeda kepada wisatawan yang datang kesana. Makanan khas Bumi Sriwijaya tersebut mengesankan “Chinese Taste” yang terbuat dari ikan, seperti tekwan dan pempek. Hal tersebut dikarenakan wilayah tersebut mengandung komunitas Tionghoa yang cukup besar.

Makanan khas Sumatera Selatan yang ada di peringkat pertama adalah Pempek. Pempek merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang sangat terkenal seantero Indonesia. Daging ikan dan sagu merupakan bahan utama dalam pembuatan Pempek. Di Sumatera Selatan, khususnya kota Palembang, pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, pempek lenggang, pempek panggang, pempek belah dan pempek otak - otak. Sebagai pelengkap menyantap pempek, masyarakat Palembang biasa menambahkan saus kental berwarna kehitaman yang terbuat dari rebusan gula merah, cabe dan udang kering yang oleh masyarakat setempat disebut saus cuka (cuko).

Di posisi selanjutnya ada Tekwan. Makanan khas yang satu ini memiliki wajah yang mirip sup ikan berbahan dasar daging ikan dan sagu, yang dibentuk kecil - kecil mirip bakso ikan yang kemudian ditambahkan kaldu udang sebagai kuah, serta soun dan jamur kuping sebagai pelengkap.

Tidak hanya itu saja, masih banyak makanan khas Sumatera Selatan lainnya, seperti Model, Laksan, Celimpungan, Mie Celor, Burgo, Lakso, Martabak HAR, Pindang Patin, Pindang Tulang, Malbi, dan masih banyak lagi yang lainnya!

So, dengan mengunjungi Provinsi Sumatera Selatan, kita bisa mencicipi puluhan jenis makanan khas yang ada disana. Cocok banget nih bagi kamu yang pingin gemuk, dan kamu yang suka banget dengan wisata kuliner.

Selanjutnya ada Seni & Budaya. Dengan berkunjung kesana, kita bisa menyaksikan berbagai Kesenian yang ada disana. Kesenian yang terdapat di Sumatera Selatan antara lain:
1. Kesenian Dul Muluk, merupakan pentas drama tradisional khas Palembang)
Image Source: blogdetik.com; designed by alkhairii.blogspot.com


2. Tari – Tarian Gending Sriwijaya


3. Rumah Adat Palembang, seperti Rumah Limas dan Rumah Rakit

4. Berbagai lagu daerah Sumatera Selatan.

Eh kamu tau nggak? Ternyata, Sumatera Selatan ada salah satu jenis tekstil terbaik didunia, Kain Songket. Songket tersebut merupakan salah satu peninggalan kerajaan Sriwijaya. Hingga kini, cara pembuatannya pun masih dibuat secara manual dan menggunakan alat tenun tradisional.

Selanjutnya, yang terakhir, dan yang kita tunggu tunggu, yaitu Objek Wisata. Sebelumnya gue mau nanya lagi nih, tau nggak sungai terpanjang di Indonesia? Yap, benaar, 100 untuk kamu!. Jawabannya adalah Sungai Musi. Sungai ini memiliki panjang sekitar 750 km yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan. Sungai tersebut menjadi urat nadi perekonomian di Provinsi Sumatera Selatan.


Diatas Sungai Musi tersebut juga membentang jembatan megah yang memiliki panjang 1.177 meter, Jembatan Ampera. Jembatan tersebut dibangun pada tahun 1962 loh! WOW!


Objek wisata selanjutnya ialah Benteng Kuto Besak. Benteng ini merupakan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam.


Kemudian ada Rumah Limas, yang merupakan rumah tradisional khas Sumatera Selatan dengan segi arsitektur berbentuk panggung dan berbahan kayu. Hebatnya, gambar rumah yang menjadi ciri khas Sumatera Selatan ini terdapat di salah satu mata uang Indonesia loh!


Air Terjun Bidadari, juga merupakan salah satu objek wisata di Sumatera Selatan.


Dan satu lagi tempat wisata terkenal di Sumatera Selatan, yaitu Pantai Tanjung Setia. Pantai ini sudah terkenal sejak lama dan juga banyak mendatangkan wisatawan mancanegara loh! Hebat kan?



Selain dari yang disebutkan diatas, masih banyak lagi objek wisata yang wajib untuk dikunjungi di Sumatera Selatan loh! Ayo buruan berkunjung ke Sumatera Selatan!
Previous
Next Post »